SENIN CHEMISTRY: BASMI NODA DENGAN SODA

Hallo, ketemu lagi dengan Senin bersama pelajaran Kimia. 
Kalau ikut kurikulum sih, mestinya saat ini kami membahas tentang hukum dasar kimia plus berlatih menghitung-hitung gitu. Tetapi, bisa jadi tidak semua murid saya membutuhkan kemampuan tersebut di dunia nyata. Jadi, Kimi versi www.agustinadewi.com akan lebih berfokus ke pengetahuan kimia yang bisa diaplikasikan di kehidupan nyata. 
Dalam pertemuan siang ini, kita akan membahas tentang Soda. Kita fokus lagi pada soda kue, yang biasanya para ibu simpan di dapur. Ternyata, soda kue tidak hanya berguna untuk campuran dalam pembuatan kue sehingga bisa empuk dan gorengan bisa lebih renyah. Lalu apalagi kegunaan soda kue? Sebelum ke sana, kita kenalan dulu dengan yang namanya soda kue, ya. 
Martabak manis bakal terbantu terbentuk lubang-lubangnya dengan penambahan soda kue (dok. pribadi)

Nama kimia soda kue adalah Natrium bikarbonat, yang bila dituliskan dengan rumus kimia menjadi NaHCO₃. Kalau di pasar, mungkin penjualnya bakal melongo kalau kamu tanyanya dengan nama Natrium bikarbonat, Sodium bicarbonate, atau Natrium hidrogen karbonat. Jadi kalau kamu menyebutkan soda kue orangnya enggak ngerti, mungkin sang penjual berkomunikasi dengan bahasa Inggris, jadi gunakan nama baking soda he he he. 
Bahan kimia ini telah digunakan sejak lama. Bahan ini diperoleh dengan mereaksikan natrium dengan hidrogen karbonat, sehingga didapatkan garam natrium bikarbonat. Menggunakan soda kue membuat kue berongga dan empuk. 
Ternyata, soda kue tidak hanya bisa digunakan untuk memasak. Soda kue juga bisa digunakan untuk membersihkan peralatan makan yang terkena noda membandel. Sebagai contoh, mug yang sering digunakan untuk teh atau kopi, biasanya pada permukaan bagian dalam muncul noda kecokelatan yang mengganggu penampilannya. Nah, cara sederhana membersihkan noda ini adalah dengan menggunakan soda kue. 
Caranya? Basahi permukaan yang bernoda, lalu tuang bubuk soda kue. Gosok dengan jari hingga noda membandel itu menghilang. Setelah selesai, bilas dengan air bersih. Insya Allah penampilan mug akan bersih dan cling kembali. Kalau tidak percaya, coba deh. He he he. 

Selain untuk membersihkan mug, apalagi kegunaan soda kue? Nah, kalau dibahas di sini nanti jadi kepanjangan. Jadi, insya Allah saya bahas Senin depan, ya. Stay tune

Posting Komentar

0 Komentar