7 TIPS PACKING PRAKTIS ALA BACKPACKER TEACHER

Sebagai guru atau bukan, bukan tidak mungkin kita akan berada pada kondisi perlu backpacker-an. Secara saat ini saya mau pergi 5 hari ke kota lain, ilmu backpacker akan saya gunakan. Nah, ini dia:
1. Niat
Beneran. Mulailah dengan niat. Sebab kalau sudah niat, yang lainnya akan mengikuti. Jadi, kalau sudah niat backpacker-an, yaa simpan itu koper atau tas syantix branded. Apalagi gaun berenda-renda atau topi selebar tampah. Bukan tidak boleh. Tapi backpacker mean kita mau bawa barang secukupnya dan sesederhana mungkin, sehingga dalam perjalanan kita tidak kerepotan. Menurut saya, kalau bawa kebanyakan barang, apalagi yang tidak terlalu dibutuhkan, fokus kita bukan lagi pada acara dan kegiatannya.
2. Pakaian efektif dan efisien
Pilih pakaian yang sesuai acara dan sebisa mungkin multi purpose. Misalnya layak dipakai acara resmi, tapi juga nyaman dipakai jalan2. Tapi tergantung rencana acara juga ya.
Lebih bagus lagi kalau bisa di-mix and match. Misalnya, bawa rok A hitam, sehingga pemakaiannya bisa dipasangkan dengan berbagai baju batik di acara resmi, maupun hem atau kaos untuk acara santai. Pakaian dalam? Jika tidak keberatan dengan pemakaian pantiliner, jumlah pakaian dalam bisa diminimalkan. Tapi jika keberatan, usahakan membawa junlah yang cukup untuk tiga hari. Syaratnya, terapkan cuci-kering-pakai.
3. Cantik nggak harus ribet
Lupakan botol sabun, sampo, dan produk body care lain ukuran besar. Jika tersedia kemasan sachet, gunakan. Jika tidak, bawa secukupnya dalam botol kecil. Jika menginap di hotel, manfaatkan fasilitas yang disediakan. Saya kadang bawa pulang, sebab botol imutnya bisa direfill. He he.
4. Sepatu all purpose.
Memiliki sepatu bermerek memang menambah PD. Tetapi memiliki sepatu all purpose akan sangat membantu situasi backpacker-an. Jadi, milik sepatu yang nyaman digunakan, berwarna netral agar layak dipadukan dengan baju warna apapun, serta modelnya cukup sopan untuk acara resmi maupun santai. Saat backpakcer-an, pilih yang ini saja.
5. Tas plastik
Tas plastik bisa digunakan untuk mengemas baju kotor, membawa barang, bahkan melapisi barang bawaan kala hujan. Pastikan membawa tas plastik dalam junlah cukup.
6. Gulung lebih baik daripada ditumpuk
Sepengalaman saya, menggulung pakaian akan memakan tempat lebih sedikit daripada ditumpuk. Selain itu, kondisi pakaian relatif lebih rapi daripada jika dipak dalam keadaan ditumpuk.
Jadi, satukan pakaian bersama pasangannya, lalu gulung.
7. Maksimalkan tempat yang ada
Pastikan meletakkan barang-barang yang frekuensi pakainya lebih kecil di bagian bawah. Terlebih jika perjalanan direncanakan bakal terus-menerus mobile dengan membawa serta semua bawaan. Jika tas memiliki kantung luar, manfaatkan untuk menyimpan benda-benda yang sering dipakai, seperti HP, dompet, air minum, dan cemilan.

Tips-tips di atas bukan harga mati. Teman-teman masih bisa membuat banyak variasi dan modifikasi, sesuai situasi. Mau sharing? Boleh banget.
Yuk, explore.

Posting Komentar

0 Komentar