Berdamai Dengan Target Saat WFH


  • PSBB Malang Raya, hari ke 7. Situasi jalanan masih ramai. Kalau tempat belanja? Maaf saya tidak bisa melaporkan, karena meski keluar karena harus membeli keperluan kesehatan bapak saya, kami memilih belanja di 212 Mart yang tidak terlalu jauh dan tidak crowded.


Romadhon ini, saya sempat membuat beberapa target. Ada nulis harian, yang saya cancel karena setelah sekian hari dilakukan, ternyata kehilangan rasa enjoy-nya. Saya pindah ke dunia saya, novel. Ikutlah kompetisi menulis #pulang di Storial.
Saya dapat ide sekitar tanggal 7 Mei, mendaftar tanggal 15 Mei 2020, dan hari ini selesai upload naskah dengan jumlah kata lebih dari 20.000.
Selanjutnya, tinggal melanjutkan promosi agar bisa ditemukan oleh pembaca.

Bagaimana mengelola waktu agar target tercapai selagi WFH?
Sebagai informasi, saya tetap menjalankan tugas sebagai wali kelas dan guru SMK, IRT bagi keluarga saya, serta nyicil program tabulapot di lingkungan RT kami.
Enggak mau dong, kalau kerjaan tidak terlihat sebagai penulis, membuat kalah tugas saya yang lain.
So, ini trik saya mencapai target menyelesaikan novela, siapa tahu berguna bagi teman-teman yang sedang bergulat dengan DL:
1. NIAT
Niatnya yang bener dan kenceng, ya. Niat nggak bener itu apa? Contoh nih: niat ikutan event untuk bikin malu orang lain. Hindari yang kayak gitu.
Memang ada sih orang yang ikut lomba buat nyari hadiah. Nah, itu gpp kalau menurut saya, selagi dia pakai cara yang baik dan tidak bikin susah orang lain.
Niat yang kenceng? Ini niat yang bulat, jangan kayak niatan saya waktu ikut nulis harian. Niat yang kenceng ini menjadi pemicu kala kamu jatuh, menjadi kompor kala kamu redup, dan jadi rem kala kamu terlalu ngegas.
2. FIRST THING FIRST
Fleksibel saja. Nggak harus seharian ngerjain target.
Kalau sudah jam 3, saya tinggalin acara nulis. Itu waktunya masak buat berbuka. Setelah selesai, biasanya masih belum azan. Waktunya banyak berdoa, kan waktu mustajab tuh. Setelah tarawih baru biasanya saya lanjutkan.
3. MANAJEMEN WAKTU
Atur waktu sebaik mungkin. Jangan karena lagi asyik 'masuk' cerita, trus jadi lupa tugas yang lain. Kalau pas sedang banyak ide, tulis di catatan. Nanti lanjutkan. Roh bagian ini, disiplin. Pengaturan waktu sebaik apa, kalau kitanya tidak disiplin, percuma saja.
4. WAKTU TERBAIK
Setiap orang punya jam kerja terbaik masing-masing. Temukan jam aktif kamu. Kalau boleh kasih saran sih, manfaatkan baik-baik waktu pagi untuk kerjaan yang butuh kreatifitas dan fokus.
Saya biasanya pantengin Path 09 ini setelah Subuh, hingga sekitar jam 10.
5. DUKUNGAN KELUARGA
Libatkan para malaikat yang dekat dengan kita ini. Minta dukungan mereka. Saya yakin, kalau mereka mendukung, kita juga dimudahkan.
6. PERALATAN DAN JARINGAN
Pakai peralatan yang paling nyaman bagi Teman-teman. Kalau saya, sahabatan sama laptop, sketch book, dan HP. Draft cerita saya buat di sketch book, diletakkan dekat laptop. Kalau lupa, tinggal tengok. HP dipakai kalau butuh jaringan, dan di masa break 5 menit setiap 30 menit.
7. RAYAKAN
Nah, kalau sudah berhasil mencapai target, hargai diri sendiri. Rayakan. Nggak harus mewah, yang penting apresiasi diri kita atas usaha kerasnya. Untuk Path 09 ini, saya akan menghadiahi diri sendiri berupa sebatang cokelat. Alhamdulillah.


Tuh, enggak rumit kan berdamai dengan target (dan DL). Yuk, dimulai dari hal-hal yang kecil. Perubahan besar tidak akan terjadi kalau kita tidak pernah memulai.

Kepo dengan novela yang saya bicarakan ini? Kalian bisa baca di https://link.storial.co/MWjW di aplikasi Storial atau versi web.

Posting Komentar

0 Komentar