Senin Chemistry: Magic Tea

Magic Tea Gonna Be
Hai, maaf terlambat posting ya. Seharuskan kan Senin. Masalahnya kemarin banyak kelas, plus produk ini baru bisa dibuat saat menjelang Magrib. Apapun, yang penting sekarang bisa dibaca lagi nih pengetahuan Kimia aplikatif. Yuk, simak.

Namanya Magic Tea alias Teh Ajaib. Ini percobaan kimia yang sederhana banget, bahan mudah didapatkan, serta bergizi.
Bahan yang diperlukan:
1. Air perasan Lemon yang dicampur gula sesuai selera
2. Es batu
3. Air seduhan bunga Telang (Telong).
Ada yang nggak tahu bunga Telang? Bunga berwarna biru-ungu ini tumbuh sebagai tanaman merambat. Sebelum digunakan, bunga dikeringkan terlebih dahulu.

Nah, setelah bahan siap, mari kita susun.
Siapkan gelas bening, agar kelihatan proses yang wow ini.
Pertama, masukkan air perasan lemon.
Selanjutnya, tambahkan es batu. Disarankan jumlah es cukup banyak, agar ada ruang terpisah antara air perasan lemon dengan seduhan bunga Telang.
Lalu, pelan-pelan tambahkan air seduhan bunga Telang. Saat air seduhan masih hangat, ia akan terpisah di bagian atas.
Pada gambar di atas, terlihat ada bagian ungu karena es batu yang saya gunakan sedikit. (Kota mBatu dingin, gitu)
Begitu saja, sajikan kepada anak atau tamu. Sesaat akan diminum, persilahkan untuk mengaduknya. Nah, Magic Tea-nya jadi deh.

By the way, ini peristiwa kimia lho. Seduhan bunga Telang adalah salah satu indikator asam basa alami.
Ia menunjukkan warna yang berbeda pada kondisi asam atau basa. Dalam Magic Tea, berlaku perubahan warna terhadap asam, ketika air seduhan bertemu dengan air perasan lemon. Jadinya warna campuran yang tadinya kekuningan dan biru, berubah jadi merah muda hingga ungu, bergantung komposisi yang kalian gunakan.
Minuman ini sempat jadi trending di kafe-kafe, lho. Selain untuk minuman, seduhan bunga Telang juga bisa digunakan untuk mewarnai makanan. Contohnya nasi uduk warna biru, pasti lebih seru.
So, Gaes. Banyak bahan kimia sederhana di sekitar kita. Allah telah memberikan begitu banyak, semoga kita tergolong makhluk-Nya yang mau berpikir dan bisa bersyukur.

Mau tahu perubahan warnanya, kalian bisa tengok videonya dalam feed Instagram saya di https://www.instagram.com/p/CA6VeppnxF2/?igshid=qmr06ukiqazg
Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar