5 HAL TERBAIK DILAKUKAN UNTUK SUPPORT TEMAN YANG SEDANG BERDUKA


Teks ini diambil dari buku karya pribadi

Akhir-akhir ini, dalam berbagai platform kita seolah diserang dengan banyak berita duka. Entah itu karena C19 atau penyebab 'normal', semua tetap terasa menyesakkan. 

Terkadang, kita bingung apa sih support terbaik yang bisa kita lakukan bagi teman yang sedang berduka, apalagi di masa pandemi begini. Masalahnya, mau datang itu, ada prokes yang harus dipatuhi. Tidak datang itu, mereka teman dekat. 

So, ini 5 hal terbaik yang bisa kita lakukan untuk support teman yang sedang berduka:

1. Jika dia posting situasi dukanya, segera berikan respon. Paling baik berupa doa bagi yang meninggal disertai penghiburan bagi yang ditinggalkan, terutama bila jarak berjauhan.

2. Jika situasi memungkinkan, segera hadir. Kegiatan persiapan mengurus jenazah dan memakamkan ternyata cukup rumit, Saudara. Mulai membersihkan rumah, menyiapkan ruang, memindahkan perabot, menyiapkan peralatan jenazah, membeli bunga, apalagi jika yang bersangkutan mengikuti adat adanya sejenis selamatan sebelum pemberangkatan jenazah. Tidak mungkin hal ini dikerjakan oleh keluarga inti, karena umumnya mereka harus menerima pelayat yang hadir. 

3. Mengantarkan jenazah ke pemakaman menjadi penghormatan besar, baik bagi jenazah maupun keluarganya, berikut kegiatan lanjutan lain sesuai tradisi lokal. 

4. Support dana dan hal lain (contohnya air minum kemasan dan makanan kecil untuk disuguhkan bagi pelayat, bahan makanan seperti beras, mi, gula, minyak goreng, daging, buah, sarana prokes, dll.). Anda bisa saja mengirimkan berupa transfer rekening, bisa pula lewat kurir, jika situasi tidak memungkinkan. 

5. Jika situasi Anda sendiri sulit, kirimkan doa bagi almarhum/almarhumah dan keluarganya. 


Hal-hal di atas ditulis sebagai pengingat bagi diri sendiri untuk mengingat dukungan besar dari teman-teman dan keluarga saat Bapak meninggal, dua hari yang lalu. 

Terima kasih, Saudaraku semua. Semoga Allah membalas amal baik kalian dengan berlipat ganda. 

Posting Komentar

0 Komentar