7 PELUANG USAHA LULUSAN SMK MULTIMEDIA YANG WAJIB KAMU TAHU SEBELUM WISUDA

Sampai saat ini, banyak sekali Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang membuka kompetensi keahlian (jurusan) Multimedia (MM). Umumnya, kompetensi keahlian MM menjadi jurusan favorit dengan asumsi kemampuan tersebut masih banyak dibutuhkan sehingga setelah lulus lapangan kerja banyak. 

sumber gambar: https://img.freepik.com/free-photo/creative-creator-doing-portrait-retouch-using-color-grade-late-night-professional-editing-office_482257-5161.jpg?size=626&ext=jpg&ga=GA1.2.1714812426.1650082338

Nah, apa yang bisa dilakukan lulusan SMK Multimedia? Berikut ini 7 peluang usaha lulusan SMK Multimedia yang bisa kamu jadikan referensi:

1. Jasa Fotografi

Jasa fotografi masih tetap dibutuhkan. Umumnya, orang membuka jasa fotografi bila telah memiliki kamera profesional dan studio lengkap. Padahal kamu bisa lho memulai dengan peralatan yang ada. Jasa fotografi sederhana dapat dimulai dengan perangkat HP. Saat ini harga HP semakin terjangkau dengan spesifikasi kamera yang semakin baik. Untuk studio, kamu dapat memanfaatkan lingkungan sekitar atau tembok polos yang dihias artistik menggunakan bahan alam. Contohnya bunga rumput atau bunga kertas. Kamu cukup belajar memaksimalkan HP agar dapat menghasilkan foto yang bagus di dalam atau di luar ruangan. 

Selain itu, kamu bisa membuka jasa edit foto. Edit foto diperlukan untuk menghasilkan foto yang lebih baik sebelum dicetak atau untuk menambahkan unsur-unsur khusus. Kamu bisa menawarkan jasa ini kepada para pengguna instagram. Tentunya terlebih dahulu kamu harus membuat serangkaian portofolio hasil editing foto biasa menjadi luar biasa. Akan lebih baik kalau kamu juga memiliki media sosial berisi portofolio kamu untuk meyakinkan calon klien.

Selain itu, kamu bisa mengambil order editing foto secara online. Banyak lho perusahaan yang membutuhkan jasa kamu.


2. Pembuat Company Profile

Jarang ada perusahaan yang memiliki petugas khusus untuk urusan periklanan, termasuk profil perusahaan. Kamu bisa membuat proposal untuk menawarkan jasa pembuatan company profile ke berbagai perusahaan. Berlatihlah membuat profil perusahaan yang menarik, informatif, dan kekinian. Kamu bisa memulai membuatkan company profile untuk usaha-usaha kecil di sekitarmu. Tidak masalah bila mereka tidak bisa membayarmu, tetapi mintalah ijin untuk menjadikan hasil kerjamu sebagai portofolio.


3. Web Designer dan Jasa Pembuatan Website

Sebagai siswa multimedia, kamu tentu paham tentang desain dan pembuatan website. Nah, manfaatkan keterampilan kamu ini untuk membantu orang lain. Pelajarilah alur kerjanya. Bangunlah jaringan. Tawarkan jasa kepada kelompok-kelompok blogger yang saat ini banyak bermunculan. 

4. Programmer

Percaya dong kalau disebut bahwa profesi sebagai programmer itu sangat menjanjikan? Tidak hanya programmer aplikasi, game saja membutuhkan banyak tenaga kerja. Bahkan banyak perusahaan yang menyewa programmer untuk membuatkan program layanan pelanggan sehingga pekerjaan mereka dapat dilakukan dengan lebih efektif dan efisien. 

Kalau kamu suka membuat program, tawarkan jasa kamu untuk membantu orang lain. Boleh kok pasang tarif, sesuai tingkat kesulitan program yang diminta.

5. Jasa Printing dan Berbagai Produk Custom

Jasa printing tidak hanya berarti percetakan pada kertas HVS saja lho. Saat ini jasa printing sudah sangat berkembang, ditunjang dengan perangkat dan teknologi, serta jaringan internet yang semakin canggih. Orang bisa printing foto selagi mereka masih berada di lokasi wisata. Kita bisa membuat gantungan kunci, mug, kaos, dan berbagai benda lain dengan foto diri. Kita bisa saja membuat souvenir istimewa dengan desain karya sendiri, meskipun kita tidak punya skill komputer tingkat tinggi. 

Tentunya, kalian yang lulusan multimedia sudah memiliki kemampuan tersebut. Kalian tinggal membuat portofolio berupa rangkaian karya yang bisa kalian buat, kemudian tawarkan kepada pihak lain, baik itu perorangan maupun bisnis. Percaya diri saja, karena setiap karya pastilah memiliki basis peminat sendiri-sendiri. Yang harus diupayakan adalah menyampaikan ide kalian dan menemukan pelanggan yang tepat dan cocok dengan karya kalian.

6. Jasa videografi untuk Pernikahan, Ulang Tahun, dan Lainnya

Video sudah menjadi bahan penting konten pada berbagai media sosial. Oleh karena itu jasa videografi untuk berbagai event, seperti pernikahan, ulang tahun, outbond, bahkan sekadar perjalanan wisata perorangan atau kelompok menjadi kebutuhan. Meskipun sudah banyak HP dengan hasil gambar yang baik, tetapi tidak semua orang mampu memanfaatkannya. Belum lagi, tentunya pemilik HP ingin menjadi model dalam videonya. Oleh karena itu jasa orang lain sangat dibutuhkan untuk mendokumentasikan. Ditambah dengan kemampuan mengambil gambar yang sinematik dan editing yang baik, kamu bisa menjadi langganan banyak orang. 

7. Pengelola SEO 

Kenal SEO kan? SEO adalah kependekan dari Search Engine Optimation. Ini adalah upaya memaksimalkan konten agar mudah ditemukan oleh mesin pencari di internet. Mencari SEO bukan hal instan. Ada serangkaian riset yang perlu dilakukan sebelum menemukan kata atau frasa yang memiliki tingkat pencarian tinggi. Penempatan kata atau frasa itu dalam tulisan juga mempengaruhi hasil pencarian. Blog atau website yang memiliki tingkat pencarian tinggi sangat diminati oleh para pemasang iklan. Pemasukan dari iklan bisa menjadi pendapatan tambahan yang cukup menggiurkan. Kamu bisa menawarkan jasa pengelolaan SEO kepada blogger atau pengelola website. Kamu tidak harus menjadi bagian dari lembaga tersebut, tetapi bisa menjadi lembaga freelance yang melayani berbagai lembaga lain. 


Bagaimana? Ada banyak sekali alternatif lain yang belum sempat dituliskan di sini. 
Buka mata. Buka telinga. Lihat sekitar. Siapa tahu kitalah jawaban dari masalah orang-orang di sekitar kita. 

Posting Komentar

0 Komentar