KEGIATAN KREATIF #DIRUMAHAJA

Belajar di rumah menjadi salah satu solusi yang diambil Pemerintah dalam mencegah berkumpulnya massa, dalam hal ini anak-anak, untuk mencegah penyebaran covid-19. Di awal masa belajar, banyak tugas diberikan untuk anak dan anak masih bersemangat. Tetapi masuk minggu kedua, anak mulai mengeluhkan banyaknya tugas dan bosan. Orang tua dituntut aktif menghadirkan kegiatan kreatif yang menyenangkan untuk anak.
Nah, berikut ini daftar kegiatan kreatif dan menyenangkan yang sudah berhasil kami laksanakan:
1.       Senam Bersama
2.       Kontes Membaca Buku Sambil Berjemur
3.       Kontes Bercerita
4.       Membuat Kliping
5.       Kreasi Wajah Biskuit
6.       Masak Bersama
7.       Membuat Game, Meme, Dan Cerita Bergerak
8.       Membuat Dan Mewarnai Mandala
9.       Menghias Ruangan
10.   Pendataan Buku Perpustakaan
Alhamdulillah, ternyata banyak. Jadi biar tidak kepanjangan, kita bagi dua sesi ya. Kali ini kita bahas nomor 1-5 dulu.
1.       Senam Bersama
Senam memiliki banyak manfaat. Anak-anak bergerak, sehingga bisa lebih sehat. Gerakan pada senam yang sudah resmi dikeluarkan pemerintah juga memiliki tujuan tertentu bagi anggota tubuh. Kami memilih melakukan Senam Pramuka. Musik dan gerakannya didapat dari youtube.
Kami menunggu matahari cukup hangat untuk memulai senam, jadi biasanya baru berkumpul sekitar jam 8 pagi. Tidak hanya junior saya, biasanya juga anak tetangga ikutan. Bahkan ada dua bayi yang berpartisipasi. Yang satu ikut bergerak semampunya, yang satunya memilih jadi penjaga computer alias nonton. He he he. Ada satu gerakan yang rupanya sangat ditunggu sama si Baby, yaitu gerakan berjalan ke empat arah disertai teriakan “Hey! Hey!”

Bayinya ikut bersuara, tetapi bingung mengikuti langkah anak-anak yang lebih besar. Lucu. Tetapi tanpa kehadirannya, senam bersama rasanya sepi.

2.       Kontes Membaca Buku Sambil Berjemur
Setelah senam, biasanya kami mengeluarkan kursi dan buku, lalu duduk berjajar sambil membaca. Kegiatan ini biasanya dilangsungkan sekitar 8 menit. Alasannya, durasi senam 7 menit, jadi ditambah 8 menit berjemur, total sudah 15 menit. Pas.
Versi instagramnya di https://bit.ly/2VzBNon
Kegiatan kreatif yang juga sehat, membaca sambil berjemur

3.       Kontes Bercerita
Yang paling sering menjadi peserta adalah Bening, 6 tahun, TK B. Bening sudah lancar membaca. Jadi tinggal menambahkan ajaran tentang menandai pembacaan saat titik, koma, gaya, dan intonasinya. Basicnya sih, si Bening memang rada suka bergaya. Jadi mudah diarahkan. Semoga kelak terfasilitasi, ya.

4.       Membuat Kliping
Masih ingat jaman dulu SD diberi tugas membuat kliping? Nah, ide itu diadopsi sama junior. Tetapi karena bukan tugas khusus, mereka membuat kliping sesuka hati. Salah satu yang dikliping adalah karikatur dari harian KOMPAS, baik itu yang Mince Cartoon, Terong, maupun yang lain. Versi instagramnya di https://bit.ly/351mibF
kegiatan kreatif membuat kliping

5.       Kreasi Wajah Biskuit
Ceritanya, sih, sempat ikut salah satu challenge Instagram. Jadilah setelah senam dan berjemur, kami ngumpul di sekitar meja. Kebetulan selain biskuit, ada kental manis dan selai cokelat. Jadilah kegiatan kreatif menghias biscuit menjadi bentuk wajah. Seneng dan membuat rasanya makin kaya.
kegiatan kreatif membuat wajah biskuit. asyik dan kenyang

Ternyata, meskipun harus tetap di rumah saja selama nyaris dua bulan, masih banyak kegiatan kreatif dan seru yang bisa dilakukan. Peran orang tua penting untuk memberikan dukungan dan pendampingan, sehingga anak tidak bertambah mager dan bosan. Bonusnya, hubungan orang tua dan anak makin dekat walau tidak bisa kemana-mana. Eh, kalau mau game yang seru dan mudah, ada di http://www.agustinadewi.com/2019/05/7-game-seru-yang-bisa-memeriahkan-ruang.html

Nah, itu lima kegiatan kreatif #dirumahaja yang sudah kami lakukan. Masih ada lagi, tetapi pada artikel berikutnya. So, tetap simak www.agustinadewi.com. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar