5 KEGIATAN KREATIF SELAGI #DIRUMAHAJA (2 - LANJUTAN)

Hayoo, hari Sabtu masih gabut dan mager?
Kuy, kita lanjutkan bahas kegiatan kreatif selagi #dirumahaja. Kemarin kan sudah bahas lima aktivitas, sekarang kita lanjutkan. Semoga bermanfaat bagi pembaca. Nah, ini dia:

1.       Masak Bersama
Sejak si Kakak masuk pondok dan situasi saya dan suami LDR, nyaris satu semester saya terbiasa masak hanya untuk berdua. Berhubung ada kebijakan SFH dan WFH, jadinya semua ngumpul ber-empat. Otomatis masak untuk tiga kali makan empat orang. Ternyata lama-lama melelahkan kalau dikerjakan sendiri. Syukurnya, anak-anak bisa diajak bekerja sama. Ada waktu saya memasak sarapan, siang dan malamnya mereka. Suami bagian menggoreng kerupuk. Ada waktunya suami lagi keluar, sekalian saja dia belikan lauk untuk kami semua sekaligus belanja. Efisien karena hanya dilakukan ketika terpaksa.
Trus, urusan camilan, saya dan kedua putri saya jadi suka coba resep lama yang akhir-akhir ini tidak sempat lagi kami buat. Kadang jua nyoba resep baru, karena dapat jatah youtube-an gratis. Mereka jadi bisa belajar membuat kue sarang laba-laba, nemu resep martabak manis yang pas, dan berkreasi dengan roti Maryam. Soal rasa sih, bonus ya. Yang lebih penting pengalaman memasak dan kebersamaan itu.
kegiatan kreatif membuat kue sarang laba-laba. 

2.       Membuat Game, Meme, Dan Cerita Bergerak
Ini efek samping mereka pernah ikut pelatihan coding. Ternyata mereka sudah canggih, Fernando. Saya belum sempat memelajari itu, tetapi mereka sudah menumpuk karya. Semoga bisa terfasilitasi suatu saat nanti.
Saya sih, punya koleksi aplikasi Kinemaster di HP. Sesekali ada keperluan editing video untuk feed socmed saya atau tugas sekolah. Di tangan anak-anak, jadilah cerita bergerak yang unik. OMG. Emejing.

3.       Membuat Dan Mewarnai Mandala
Kalau yang satu ini, mereka kadang tidak sabaran sih. Jadi kadang saya saja yang bagian membuat ketika benar-benar lagi kosong, mereka bagian mewarnai. He he he.
Tau Mandala kan? Itu lho, gambar yang dibuat dari sederet lingkaran yang dibagi-bagi, sehingga produk akhirnya gambar yang seolah dari pusat menyebar ke lapisan lingkaran berikutnya, hingga tepian. Ada filosofinya, tetapi lain waktu saja saya bahas. Saya suka mandala karena (bagi saya) memberi peluang kreasi tak terbatas.
kegiatan kreatif membuat dan mewarnai mandala

4.       Menghias Ruangan
Yang satu ini aslinya tugas sekolah untuk menyambut Ramadhan. Si Adik sempat bingung mau membuat apa. Kebetulan, ada stok bunga dari flannel dan rumput-rumputan dari benang wol sintetis. Itu semua sisa keaktifan beberapa waktu sebelumnya. Kami juga nemu tali tas di laci dan ada beberapa potongan bunga plastik. Ya sudah, hajar. Jadilah hiasan dinding yang mempermanis ruang tamu kami. 

kegiatan kreatif membuat hiasan dinding

kegiatan kreatif membuat kolase

5.       Pendataan Buku Perpustakaan
Sejak sebelum menikah, saya dan suami sama-sama penggemar buku. Setelah menikah, kegemaran itu terus berlanjut. Sesekali saya mendapat rejeki dari literasi, saya gunakan sebagiannya untuk membeli buku-buku bergizi. Alhamdulillah, di 2019 mewujud juga perpustakaan untuk Kelompok Pembaca Masyarakat Suketan Mbois (www.suketanmbois.wordpress.com) yang diniatkan agar buku koleksi kami bermanfaat lebih luas daripada sekedar mengisi lemari. Kami juga mendapat hibah rak buku dari tetangga. Alhamdulillah, kalau ada niat baik, Allah akan bukakan pintu yang tidak terduga. Saat itu baru tersadar kalau kami tidak punya data berapa buku koleksi. Ini saatnya melakukan pendataan. Kerjasama anak-anak membuat kegiatan mendata jadi ringan. Kan semangat tuh kerja bareng-bareng, lalu mereka yang menata kembali di rak buku berikut mengelompokkannya sesuai usia. Fyi, KPM juga bakal ditanyai data berapa jumlah buku dan pengunjungnya. Yang belum saya wujudkan salah satunya buku pengunjung. Insya Allah mulai Romadhon ini deh. Bismillah.
para penjaga petugas pendataan buku he he he

salah satu halaman buku catatan data buku


Sungguh, menuliskan ini bukan untuk menyombongkan diri. Ini lebih sebagai catatan, siapa tahu suatu saat nanti saya butuhkan kembali sebagai referensi. Bagaimanapun, kegiatan kreatif bakal tetap dibutuhkan dalam berbagai situasi. Semoga yang saya tuliskan bermanfaat buat kamu, Teman-teman. Pengen diskusi, ayuk atuh tulis di kolom komentar. 

Posting Komentar

0 Komentar